KOMUNIKASI ONLINE

Sesuai dengan namanya, komunikasi online merupakan perpaduan konsep dari komunikasi dan online itu sendiri. Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari sumber pesan (source) kepada penerima pesan (receiver), dengan harapan bahwa si penerima pesan memiliki pemahaman akan makna pesan serupa dengan makna yang dimiliki sumber. Komunikasi mencakup penyampaian dengan cara verbal (dengan lisan atau kata-kata) maupun nonverbal, seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, dan lain sebagainya. (Baca juga : Karakteristik Media Massa – Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli)

Sedangkan online sendiri merupakan istilah populer yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yang jika ditinjau dari segi bahasanya berasal dari kata dalam KBBI yaitu daring. Daring ini singkatan dari dalam jaringan, yang menunjukkan bahwa online itu terdapat dalam jaringan teknologi dan informasi dari internet. Jadi bisa dibilang juga bahwa online adalah segala sesuatu yang terdapat dalam jaringan internet dan terjangkau oleh jaringan tersebut, seperti mesin pencari, website, media sosial, aplikasi chatting, dan lain sebagainya. (Baca juga : Komunikasi Internal  Komunikasi Dua Arah)
Berdasarkan kedua konsep tersebut maka terbentuklah konsep dari komunikasi online yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan fenomena masyarakat terkini. Komunikasi online adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan secara online, yang berarti terjadi dalam jaringan internet, dan biasanya dilakukan pada fasilitas serta media elektronik. Misalnya saja pada telepon selular (handphone), komputer, laptop, dan berbagai perangkat yang menggunakan sistem daring dalam proses dan cara kerjanya.

Komentar